Selasa, 22 November 2011

BAQL (Sayur Hijau) Clorofil


          Di dalam al-Qur’an diterangkan BAQL atau juga yang bermakna DEDAUNAN/ SAYURAN HIJAU. Jenis makanan hijauan ini mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan.
Mengenal Hijauan/Clorofil
       Klorofil atau yang biasa dikenal dengan zat hijau daun, sama seperti namanya, merupakan kandungan yang menyebabkan warna hijau pada tanaman. Apa yang dilakukan klorofil? Klorofil ini akan menyerap energy dari matahari untuk memfasilitasi berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan. Klorofil ini sama seperti darah pada manusia. Zat ini sangat berperan dalam fungsi metabolism seperti pertumbuhan dan respirasi tumbuhan.
          Sumber klorofil yang paing nyata adalah sayuran hijau. Akan tetapi, lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah. Proses pemanasan saat memasak merusak hampir semua kandungan klorofilnya. Atau, bisa juga menambah asupan klorofil dengan menggunakan suplemen. Klorofil banyak tersedia dalam bentuk ekstrak, cairan maupul tablet. Tidak masalah cair atau tablet, klorofil akan meningkatkan system kekebalan tubuh, menguatkan jaringan dan organ, serta memperbaiki kesehatan secara umum.
Hasil Riset
       Riset medis menunjukkan fakta mengejutkan: bahwa tingkat konsumsi sayuran seseorang berpengaruh besar terhadap usia hidupnya. Sebaliknya, semakin banyak seseorang mengkonsumsi daging, susu dan telor, semakin besar pula resiko terserang penyakit, khususnya jantung. Lebih parah lagi, usia hidup orang-orang tersebut lebih pendek ketimbang para perokok. Lalu, adakah jalan keluar mengatasi masalah ini, terutama untuk membendung arus modern yang ditandai dengan menjamurnya makanan cepat saji (fast food), yang secara diam-diam membentuk pola makan masyarakat yang kurang asupan sayur?
          Dr. Richad Willstatter yang memperoleh hadiah Nobel pada tahun 1915 menemukan bahwa struktur kimia klorofil terdiri dari satu rangkaian atom Karbon, Hidrogen, Nitrogen dan Oksigen yang mengelilingi satu atom Magnesium. 15 tahun kemudian, Dr. Hans Fisher berhasil membuktikan bahwa struktur kimia klorofil hampir sama dengan hemoglobin tubuh. Adapun perbedaan antara darah dengan klorofil adalah atom darah adalah zat besi, sedangkan atom Klorofil adalah Magnesium. Klorofil mampu meningkatkan penyerapan oksigen dan meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.
          Dr. Bernard Jensen dalam bukunya “The Healing Power of Chlorophyll from Plant Life” menunjukkan bahwa jumlah sel darah merah pada tubuh yang sehat adalah lebih tinggi daripada tubuh yang tidak sehat, dan bahwa konsumsi klorofil dalam jumlah besar akan meningkatkan jumlah sel darah merah. Beliau juga mengemukakan bahwa klorofil mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh seperti zat-zat kimia, obat-obatan dan bahan radio-aktif. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya klorofil bagi kesehatan tubuh. Dalam buku “American Journal of Gastro Enterology” karya Dr. Samuel, Jerome dan Bernard Weiss, 36 pasien dengan pendarahan pada usus telah diberi perawatan dengan ekstrak Alfalfa dan hampir seluruh penderita menjadi sembuh antara 2 sampai 20 hari.
          Sesungguhnya, kandungan gizi terbaik pada sayuran terdapat dalam apa yang kita kenal dengan pigmen hijau/zat hijau daun atau dalam istilah latin disebut dengan klorofil atau Chlorophyll. Klorofil adalah inti daun/sayuran. Hingga pasokan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh manusia lewat saturan sebenarnya tersuplai oleh klorofil yang terdapat dalam sayuran tersebut. “Hal yang terpenting dalam memulihkan kembali kesehatan adalah dengan mengambil asupan klorofil (chlorophyll) dalam jumlah seimbang dan terus-menerus setiap hari”, demikian kesimpulan yang dibuat oleh Dr. Ann Wigmore (Rebuild Your Healt, 1991). “Klorofil mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan tubuh manusia, sehingga tubuh bisa dibersihkan dan diperbaiki untuk membangun tubuh yang sehat”, tambahnya.
Manfaat Klorofil bagi Kesehatan
       Klorofil bermanfaat sebagai desinfektan dan antibiotic dalam perang dunia, sebelum morfin ditemukan. Sampai hari ini pun masih digunakan untuk program pembersihan kotoran. Klorofil membersihkan jaringan-jaringan tubuh yang sakit dan membuang keluar dari tubuh, beserta bakteri dan parasit yang ada dalam jaringan yang sakit tersebut. Klorofil mengeluarkan racun-racun kimia sintesis macam boraks dan formalin. Kerjanya seperti memandikan bagian dalam tubuh kita. Molekul klorofil mempunyai ekor hydrophobic yang masuk ke dalam hidrokarbon dinding-dinding sel tubuh dan menarik keluar dari dinding sel tersebut, seperti sabun melepaskan minyak dari tangan kita. Golongan hidrokarbon adalah pestisida, narkotika, perasa makanan dan lain-lain yang dibuat di laboratorium dari bahan minyak bumi. Hati kita berfungsi membongkar sistemis kimia tersebut dan mengeluarkannya dari dalam aliran darah kita. Karena itu klorofil membantu kerja hati kita, sehingga hati kita tak kerja terlalu berat. 
          Klorofil mengandung antioksidan, antiperadangan dan zat yang bersifat menyembuhkan luka. Kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat lain dari klorofil:
·         Klorofil berfungsi membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan.
·         Klorofil membantu menetralkan polusi yang kita hirup maupun yang kita dapatkan melalui asupan makanan. Karena itu, klorofil merupakan suplemen yang sangat bagus bagi perokok.
·         Klorofil secara efisien melepaskan magnesium dan membantu darah membawa oksigen yang dibutuhkan ke semua sel di jaringan-jaringan tubuh.
·         Klorofil juga terbukti berfungsi mengasimilasikan kalsium dan mineral-mineral berat lainnya.
·         Klorofil potensial dalam menstimulus sel-sel darah merah untuk menyediakan suplai oksigen.
·         Bersama dengan vitamin lain seperti vitamin A, C dan E, klorofil terbukti bisa membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel yang sehat.
·         Klorofil juga berperan sebagai deodorant dalam mengurangi bau mulut, air seni, sisa pembuangan, serta bau badan.
·         Klorofil juga mengurangi kemampuan zat-zat karsinogen untuk mengikatkan daripada DNA dalam organ-organ utama tubuh.
·         Klorofil bermanfaat dalam mengatasi gangguan akibat pembentukan batu kalsium oksalat.
·         Klorofil juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi luka secara alami.
Klorofil juga mengandung zat antimutasi dan antikarsinogen yang berfungsi melindungi tubuh melawan racun-racun serta mengurangi efek samping obat. []

0 komentar:

Posting Komentar